Disela – sela aktivitas sehari-hari yang pastinya memuat banyak tuntutan agar hidup ini terus berjalan, baik itu seorang pekerja yang harus terus menyelesaikan pekerjaannya, seorang guru yang tetap harus mengajar walaupun dalam kondisi pandemi ini yang mau tidak mau dilakukan secara daring, ibu rumah tangga yang kadang kewalahan karena semua anggota keluarga lengkap dirumah atau bahkan seorang mahasiswa yang harus terus kuliah menyelesaikan semua tugas bahkan membuat video praktikum tanpa silih berganti. Dengan aktivitas yang padat tanpa jeda tersebut membuat orang lelah atau bahkan tidak mood untuk terus semangat menjalani hari demi hari. Maka dari itu tentu saja kita perlu merefresh pikiran sejenak untuk menghilangkan sedikit beban dan untuk lebih semangat menjalani hari kedepannya.

 Air terjun atau yang lebih terkenal disebut sebagai Sampuran ini adalah salah satu wisata alam yang telah Tuhan ciptakan yang memiliki seribu keindahan yang setiap dua bola mata melihatnya pasti terkagum dan takjub. Air terjun (sampuran) Sigala – gala yang berlokasi di Tano Bato, Panyabungan Selatan, Kab. Mandailing Natal dengan jarak  27 KM  dari pusat kota Panyabungan. Air terjun ini masih termasuk air terjun yang tersembunyi karena keberadaannya yang tidak diketahui banyak orang dan akses perjalanan menuju lokasi yang masih perlu diperbaiki agar wisatawan ataupun masyarakat sekitar bisa dengan mudah sampai kelokasi tersebut. Jika kita datang dari pusat kota, kita bisa membawa kendaran sendiri atau menaiki kendaraan umum yang nantinya ketika sampai di Tano Bato, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki atau bahkan menggunakan sepeda motor untuk sampai ke lokasi. Tapi jangan senang dulu, untuk sampai ke lokasi anda harus berjalan kaki berjalan ditepi tebing yang curam yang jika tidak hati-hati akan terjatuh ke bawah. Maka untuk perjalanan ini dibutuhkan kehati-hatian dan jangan bermain-main ketika melewati jalur ini. Tapi jangan khawatir, disamping kesulitan yang dirasakan selama perjalanan semua akan terbayar lunas ketika sudah melihat air terjun yang satu ini.

Air yang jernih dan deras jatuh ke bawah mengikuti arah gravitasi bumi ini, membuat siapa saja melihatnya merasa takjub. Suasana yang asri dan sejuk dikelilingi pohon – pohon lebat dan menjulang tinggi membuat beban seakan hilang seketika. Kicauan burung yang seakan bernyanyi juga seakan menyambut siapa saja yang datang berkunjung. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini bisa membuat kita basah kuyub ketika berada dibawah derasnya air dan tak ketinggalan angin yang begitu kuat mengenai wajah yang akan menambah sensasi dari air terjun ini sendiri. Disana kita juga bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan berbagai pose andalan yang nanti bisa menjadi kenang – kenangan. Selain itu, kita juga bisa beristirat dengan duduk dibatu besar yang berada ditepi aliran air terjun atau sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah dengan pemandangan yang sangat memanjakan mata.

Disana kita juga bisa bermain dengan air atau bahkan menikmati air yang begitu jernih dan segar. Tak jarang juga banyak wisatawan yang ingin mandi untuk menambah kenikmatan yang diberikan oleh air terjun ini. Tapi jangan lupa untuk tidak merusak atau bahkan membuang sampah sembarangan karna itu akan merusak keindahan yang sudah ada ini. Kita seharusnya menjaga dan merawat agar keindahan dan keasrian dari air terjun ini tetap terjaga, agar anak cucu kita kelak juga bisa menikmati keindahan dari air terjun sigala – gala ini. Selain itu, harapan saya agar pemerintah melirik dan bahkan menindak lanjuti wisata alam yang satu ini, agar akan banyak manfaat disamping sebagai sektor tempat pariwisata yang setiap orang bisa mengunjungi dan merasakan keindahan yang ditawarkan oleh air terjun ini sendiri. Tetapi, disamping itu alangkah lebih baik untuk akses perjalanan menuju tempat ini juga diperbaiki terlebih dahulu agar masyarakat bisa dengan mudah mengakses perjalanan menuju air terjun ini. Jadi buat kawan – kawan semua yang berkunjung ke Mandailing Natal, Sumatera Utara jangan lupa untuk berkunjung ke air turjun yang satu ini ya, karna kamu pasti tidak akan kecewa atau bahkan menyesal karena telah datang kesini.

Airterjun Sigala-gala Mandailiing Natal

Air terjun atau yang lebih terkenal disebut sebagai Sampuran ini adalah salah satu wisata alam yang telah Tuhan ciptakan yang memiliki seribu keindahan yang setiap dua bola mata melihatnya pasti terkagum dan takjub. Air terjun (sampuran) Sigala – gala yang berlokasi di Tano Bato, Panyabungan Selatan, Kab. Mandailing Natal dengan jarak  27 KM  dari pusat kota Panyabungan. Air terjun ini masih termasuk air terjun yang tersembunyi karena keberadaannya yang tidak diketahui banyak orang dan akses perjalanan menuju lokasi yang masih perlu diperbaiki agar wisatawan ataupun masyarakat sekitar bisa dengan mudah sampai kelokasi tersebut. Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini bisa membuat kita basah kuyub ketika berada dibawah derasnya air dan tak ketinggalan angin yang begitu kuat mengenai wajah yang akan menambah sensasi dari air terjun ini sendiri. Disana kita juga bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya dengan berbagai pose andalan yang nanti bisa menjadi kenang – kenangan.

Airterjun sampuran sigala-gala Madina

Ditulis : Suci Meliza

Editor: Nanda Sri Wahyuni Pulungan

+7

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nanda Sri Wahyuni Pulungan

Assalamualaikum, aku Nanda
Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Penyuka puisi, membaca dan menulis. Menulis sejak 2015.Penulis dua buku kumpulan puisi yaitu Hujan di Semenanjung Gersang(2018) dan Usah Kau Kenang Lagi(2019).Terimakasih sudah singgah dan salam kenal..